Lawang - Ds. Sempu

07:25 3 Comments A+ a-

Tujuan saya sebenarnya adalah mengurai jalur Lawang ke Jabung, lha dalah malah tembus dusun sempu. 
Pagi yg sudah direncanakan utk menuju utara, ingin sedikit mengenal deretan gunung bukitnya.
Perbekalan siap, jam 6 berangkat melalui jalan utama.
 Isi perbekalan dekat rumah tawon. Maksud motret sepeda, mbak indomaret ikutan geer, hehehe.
Masuk dekat jl Pandowo, tampak ramai kerjabakti warga.


Terbayar sudah penderitaan oleh kepul polusi sepanjang jalan antar kota , sebenar2nya cuci mata.

Latar belakang Gn Arjuno membuat pemandangan Lawang pada titik yg lumayan tinggi ini menjadi sempurna.

Pemandangan dari spot lain yg sama tinggi.
Mulai blusukan ga jelas. Menanjak kemudian mendaki.



Semakin atas, perbukitan yg katanya masuk kawasan tengger semeru ini makin rimbun bin rapat vegetasinya. Saya hanya mengikuti jalan setapak yg ada.


Keindahan sepanjang jalur.
Dekat puncak malah ada sawah yg tidak seberapa luas, namun tertata rajin dan bagus, membuat saya tercengang.
Dikelilingi pohon duren yg buahnya cukup rendah utk disentuh.
Sebuah gubuk yg didalamnya tak ada orang tetapi ada sebuah panci yg dinyalakan utk memasak air. Ada sebuah semprotan pupuk pula. 
Pancuran dekat sawah yg letaknya makin menambah keindahan tempat ini, bak surga kecil.
Kebingungan karena sekelilingnya hutan nan lebat, sayapun mencari2 pemilik gubuknya utk bertanya arah. Sempat ada kuatir membayangkan saya mengalami kejadian seperti film Wrong Turn, hehehehe.
Akhirnya ketemu pemilik gubuk yg sedang memanen daun pepaya. Menawari saya singgah utk ngopi2 dan bilamana mau mencicipi durennya.
Mampir sebentar, sayapun melanjutkan perjalanan.
Sebuah dusun yg sebenarnya bisa dicapai tanpa susah payah. Walau  begitu saya jadi  mengerti jalur sekitaran perbukitan sini. 

Orang sini menyebutnya 'Sempu', maka saya menyimpulkan namanya dusun Sempu.
Tempat yg memiliki pemandangan yg dahsyat indahnya. Keindahan yg jg saya temukan dalam foto2 Indonesia tempo dulu.
Sayapun beristirahat  menikmati suasana. Ada yg menggelitik ingatan dan benak, momen dan gambaran yg melestari ini pernah saya alami saat mendengar sebuah lagu.
Lagu yg mengisi pikiran saya dgn kabut, gunung,bukit, keheningan dan segala kedamaian.
Silahkan mendengarkannya 'Koi' dari kitaro, anda akan tahu apa yg saya maksud.








3 komentar

Write komentar
Anonymous
AUTHOR
6 March 2015 at 05:30 delete

indah sekali alamnya ...
bener2 masih asri dan ndeso banget ...
kalau lihat track-nya kemungkinan banyak gotong2 sepedanya ya ...

Reply
avatar
Arek Malang
AUTHOR
6 March 2015 at 15:31 delete

benar om,
gantian sepeda menaiki kita, hehehe

Reply
avatar
Nono
AUTHOR
3 October 2020 at 19:21 delete

Ma sya Allah
Luar biasa
Kl mudik cb aq kesana
👍👍👍

Reply
avatar