K a l i p a r e

08:17 1 Comments A+ a-

Bagaimana bila hutan cemara digabung dengan sebuah danau dengan tambahan latar perbukitan? niscaya kombinasi yg tak tertahankan.
Begitulah sebuah sudut tersembunyi yg telat saya endus di Kalipare. Tak sengaja menemukannya justru di kala sedang salah jalan alias kesasar. Rupanya Tuhan berbaik hati hendak menunjukkan lokasi2 yg merupakan favorit saya.
Sepi, tenang, sejuk, segar dan hijau. Bilamana saat puasa seperti sekarang rasanya ayem gitu. Leha2 di pinggiran saja menimbulkan kantuk.
Ah iya, asal muasalnya saya memang berniat ubek2 kalipare. Siapa sih yg ga kenal jalur elok nan eksotis tapi sekaligus mengandung ngeri di kalipare. 
Sebentar ... kalipare ini dimana ya? kalipare masuk kabupaten Malang. Bisa dilewati dari karangkates menuju ke Donomulyo. Jadi masuk Malang selatan, kira2 begitu.
Terus jalur yg terkenal di Kalipare yg katanya elok itu berikut ;



Jalan yg berkelok seperti jamaknya jalur pegunungan. Deretan pepohonan di sepanjang jalur beserta sepinya lalu lalang kendaraan membuat jalur di kalipare ini cocok untuk dinikmati. Yang membuat ngeri adalah di sisi kiri merupakan jurang langsung yg dipenuhi pepohonan. Cukup riskan bila menggeber kecepatan tinggi saat berbelok, bila kebablasan dijamin susah ditemukan.
Pernah saya dengar cerita dari kawan pecinta road bike , salah satu temannya pernah terluka parah akibat kebablasan menggeber kecepatan saat turun di belokan.
Saat terang benderang saja perlu kehati2an, bilamana gelap cukup berbahaya. Tak ada lampu penerangan.
Tapi beneran, jalur ini eksotis.

Dari ketinggian bila melihat untaian mutiara hijau Malang selatan. Sambil duduk akan tambah nikmat sambil buka kompor trus ngopi.
Masih ada lagi yg tersimpan di Kalipare
Sebuah masjid dengan pelataran luas dan taman yg terawat dengan baik.  Masjidnya sendiri tak terlampau besar, namun suasana sekitarnya amat tenang dan mendukung utk beribadah dgn khidmat.
Sungguh wah utk pelosok yg tak terlalu diperhatikan.

Tak susah mencari yg hijau dan seger2. Bertebaran dimana mana dan semoga saja seterusnya demikian. Enak buat selingan dari hiruk pikuk kota.



Jadi danau ini letaknya dimana ya, wah itu saya yg bingung.
Pokoknya di kalipare, dusunnya saya ga tahu namanya, lha wong  tahunya aja gara2 kesasar.
Ya bilaman sedang di kalipare, coba aja muter2.. yg pasti lokasi ini masih jauh dari gema medsos, hahay.
Tapi mungkin banyak mancing mania yg tahu.... hm

Sttt..... ada gasebo utk menikmati ini semua, tambah adem. Doa saya semoga setelah ini tidak ramai dikunjungi remaja kekinian.

1 komentar:

Write komentar