Mistisnya Tahura R. Soerjo

17:04 0 Comments A+ a-

Sedang ga kepingin ke pantai dan maunya nyari hawa adem berkabut trus duduk-duduk ayem menikmati suasana. Itu juga dengan waktu yg amat terbatas karena sorenya mau kelayapan sama keluarga.  Setelah dibagi-bagi , fix pagi jam 8 pagi meluncur ke prigen- Pandaan.
 Ini merupakan warung persinggahan saya kala dulu 'nyambut' di surabaya sekitar 8 tahun yg lalu. Biasanya ngeteh dulu sebentar, makan jajan ini itu sambil mengutuk betapa panasnya hawa di sini. Habis itu lanjut utk kemudian ngorok di pom bensin bypass pandaan. Ha ha.


Sekitar prigen merupakan keramaian terakhir yg saya temui. Lokasi ini bisa dijumpai banyak pasangan, calo villa dan warung2 ala payung. Yang lucu , saat saya berhenti di minimarket, saya menjumpai banyak pasangan lagi belanja. Nah yg belanja si cewek, si cowoknya pada nunggu di parkiran. Banyak yg menutup wajahnya, ada pula yg lagi minum kratingdaeng, extra joss... wah podo kate lapo wong2 iki, wkwkwkwkkw.

Di prigen pula saya menjumpai para roadbike sedang latihan tanjakan. Celana baju ketat, sepeda slim dgn ban super kecil.... sadiss.




Melewati trawas , fenomena itu mulai berkurang. Hanya tampak beberapa remaja alay yg naik motor ngebut ga pakai helm sambil cengengesan. 
Dari trawas lanjut ke pacet.


Tanjakan menuju pacet ada banyak yg memerlukan kendaraan laik jalan. Sendirian saja masih perlu gigi satu, bagaimana kalo boncengan.  Kok untung hawa e adem asrep, jadi mesin lumayan ga ngoyo.
Tetep aja perlu istirahat buat mendinginkan. Nah di lokasi ini saya baru tahu ada air terjun yg ga malu2in. Kecil, nyempil tapi keren.... hehehe
Biasanya lewat dari batu ga pernah kelihatan soale. Saat tiba masih sepi, 20 menit kemudian datang rombongan heboh, ya udah pending dulu nyepinya.
Asli keren ini tempat, air terjun bertingkat  dgn rumpun bambu di sekelilingnya. Suasananya dapat banget. Apalagi ada yg bakar dupa di dekatnya.



Lanjut masuk Taman Hutan R Soerjo , yang mana masih merupakan wilayah konservasi di bawah naungan TNBTS (yg juga mengelola Bromo- Semeru).
Ini sudah mulai ciamik dan paten, hawa dan pecahan gunung Arjuno disandingkan dengan jalanan mulus ala highway di luar negeri.  Meluncur mulus dan pelan di antara kabut dan suhu yg menusuk tulang, wuih.. mantab.



Jadi apa ya nama spot ini? merupakan tempat yg bikin betah nongkrong lama. Padahal kanan kiri jurang, dan jalan itu membelah ditengahnya. Melihat jauh di sana hanya ada belantara yg seperti tak terjamah. dan jeritan hanya jadi gema yang tak bersambut. 
Warna-warna daun baru tersibak kala kabut  mulai datang membawa tetes air .
Momen yg paling saya ingat adalah pernah melihat sepasang anak SMA pacaran di lokasi ini dan sama sekali 'no ngreken' sama siapapun yg lewat. Apa ga kurang jauh dan ekstrim?
Kalau saya jadi bapaknya si cewek, wes ta kebiri si cowok itu. Dan yg lucu lagi, saya ingat tampang si cowok megelno mirip persis hampir sama dengan Suneo, temennya nobita. Duh, kenapa kok saya masih ingat..




Jadi sekarang ini jalan di antara tahura semakin sip markosip.  Bisa dipakai merasakan suasana hutan yg lembab, sepi senyap dan pekat sambil berkendara, dan tak hanya itu, bila beruntung kita akan jadi tontonan monyet2 yg di pinggir jalan.

Namanya Coban Watu Lumpang. Ini juga saya baru ngerti. Tak terlalu tinggi dan spesial, tapi lokasinya cukup asri dan dekat plus murah. Jadi masih 'worth' buat dimampiri.

 Masih saya ga ngeh kenapa coban ini disematkan 'lumpang' di namanya.  Mengamati sana sini kok tidak ada yg  mendekati dgn sematan tersebut. Lokasinya cobannya sih memang berada di cerukan , apa karena itu ya?..





Dan akhirnya perjalanan yg khusyu itu mulai mendekati finish. Jembatan ini merupakan penanda dekat dengan kawasan cangar, dan setelahnya sudah masuk BATU.
Walau hari kamis yang mana masih hari kerja, ternyata tidak sesepi yg saya bayangkan. Walau begitu sudah cukup puas nyepinya, walau cuma sekadar duduk ngopi sachetan sambil 'keluwen' gara2 ga ada warung yg cocok, maklum mas lambeku rodo rewel lek mangan.


Lugh ternyata, jalan yg mulus itu berlanjut sampai kawasan selekta dan bawahnya lagi. 
Maklum terakhir kali saya lewat sini mungkin 5-6 tahun yg lalu, .. hm sudah cukup lama juga.