Megahnya Lambau

04:07 0 Comments A+ a-

Beruntungnya saya, hanya dengan menempuh kurang lebih 1km , saya bisa mendapati lokasi emas utk menyegarkan badan.
Lokasi tersebut berada di area Sekolah Tinggi Penyuluh Pertanian atau biasa dikenal Lambau( dari bahasa belanda: landbow).
Lokasi ini memang punya sejarah panjang dan berumur tua. Meski 2/3 lahannya sekarang sudah berganti perumahan elit, 1/3 sisanya masih layak utk dikunjungi setiap hari.
Biasanya bila tidak pagi  ya ba'da dhuhur saya sambangi lambau. Tergantung jadwal kerja hari itu.

 Lambau bagi saya ibarat surga kecil. Bermain, jalan2, merenung, bersantai, bergembira, menikmati waktu, menyegarkan hati maupun pikiran.
Apa lambau seistimewa itu?

 Di sisi baratnya banyak pepohonan tua nan rindang. Lokasinya sejuk dan tenang sekali. Di sini merupakan spot pertama yg saya kunjungi utk sekadar bersepeda santai melintasi pepohonan dan mencoba beberapa jempingan kecil yg dibuat anak2 lokal yg kerap bermain sepeda pula.
Pagi hari tempat ini merupakan favorit orang2 utk berolahraga pagi. Tak ramai, mungkin sekitar 6-7 orang. Di saat siang beberapa orang terkadang bersantai atau tiduran di bawah pohon, terkadang sambil mengasuh anak2nya.


Di sebelah timur, terdapat sawah beberapa petak. Sawah sungguhan! 
Di pakai utk praktek mahasiswa dan ditanami aneka sayuran lain di sekitarnya.
Lokasi pondok itulah favorit saya memandang persawahan sambil selonjor kaki.


Dari pondokan , bisa leluasa memandang sekeliling. Hembus angin terasa sejuk laksana sedang berada di pedesaan.
Yg cukup menakjubkan segala suara burung begitu ramai, dan riwa riwi burung sriti begitu banyak.
Manakala menjelang senja ataupun hujan tambah hebat lagi suasananya.




Saya sering bersemangat mengajak anak kemari. Tak ada lokasi selapang dan semegah ini di tengah kota bagi anak kecil utk belajar kecil tentang alam, berlari kesana kemari dengan riang.
Bila ingin mengetahui seperti apa megahnya lambau dahulu , kunjungilah STTP di bedali lawang, seperti itulah tempat ini dulunya.
Megah, berseri dan begitu alami serta lestari..
Terjagalah kau selalu lambau.