Merawat Freehub Shimano Deore

15:44 29 Comments A+ a-

Deretan freehub pelor/ ball bearing keluaran shimano bila dirawat dengan baik dan benar akan sangat smooth , tidak kalah dengan yg sudah sealed bearing. Itu yg saya dapatkan dari bincang2 dgn beberapa rekan dan membaca forum2 sepeda luar. Banyak cyclist luar yg masih fanatik dengan hub peloran seperti dura-ace HB, XTR dan beberapa keluaran Campaqnolo.
Saya sendiri bukan tidak tertarik dgn hub yg sudah sealed bearing namun pada akhirnya  setelah browsing dan baca sana sini saya malah tertarik mengorek lebih dalam hub pelor. Kebutuhan dasar saya akan sebuah freehub dan hub utamanya adalah loncernya, bukan suaranya. Suaranya keras tapi tidak bisa lari atau gampang oblak ya percum tak bergun. Pengalaman dari seorang rekan dgn hub freehub bearing kelas bawah adalah bearingnya dipakai sebentar sudah oblak, seret dan menggerus hubnya. Ya ada harga ada rupalah.
Mempunyai hub loncer yg sudah dari pabriknya memang menyenangkan, tapi membuat hub kita sendiri dari yg biasa2 hingga bisa loncer maksimal tentu akan lebih menyenangkan, hehe.

Dari sini tentu perlu menelaah lebih dulu kekuatan bawaan hub kita utk dimaksimalkan. Shimano Deore M595 dalam kasus saya ini mempunyai body baja termasuk rumah casette/sproketnya , cocok dan mumpuni utk yg suka sepedanya sesekali dibawa loncat2. Freehub sealed bearing kelas menengah atas  lebih enteng karena sudah banyak yg berbahan alloy seperti rumah casettenya, berhati2lah karena cukup empuk utk tergerus jika empunya doyan terbang sana sini. Silahkan cek hub freehub anda sesekali bila termasuk yg ini pada bagian tsb.
Freehub dan hub shimano sendiri ada anjuran utk rutin menservisnya setidaknya setelah setengah tahun pemakaian. Grease kemudian setting ulang. Kebetulan kemarin saya baru dapat pelor jepang keluaran Daio berbahan carbon steel. Sekalian servis rutin si deore dan ganti pelorannya karena saya agak sangsi dgn hub tersebut yg bikinan malaysia, jgn2 pelorannya ala malaysia pula, hehehe walau belom pernah ada komplain sih. Coba bagaimana kira2 bila diberi pelor dari negeri pabrikannya.
Peralatan standar yg dibutuhkan utk perawatan hub. Obeng, grease, dan kunci pas.
Steel ball/ ball bearing aka pelor utk perawatan kali ini.
Peralatan tambahan utk melepas sproket dan rotor. Atau bisa tolong bengkel terdekat buat mencopotnya, hehe.
Buka dengan seksama, pakai kunci 15 setelah sebelumnya dikendori baut penguncinya ukuran 17. Karena tangan satunya pegang kamera maka bingung ini nunjukin pas mencopot baut 17.

Tarik AS nya, kemudian keluarkan pelorannya dgn  obeng yg mengandung magnet ujungnya agar lebih gampang. Pakai digedruk atau tangan biasa jg boleh , hehe. Biar ga kececeran siapkan wadah atau lapisi dgn koran.
Bersihkan dulu bekas grease yg lama dan lain2nya biar kinclong. Baru grease ulang dgn grease yg bermutu, mau pake yg murah boleh tapi inga inga buat sepeda kok coba2.

Setelah diolesi, pasang peloran baru atau yg lama kalau masih mau dipakai lagi. Ditata yg rapi, hitungannya ganjil utk deore. Depan 11, belakang 9 persisi.
Pasang as, dikunci dan disetting tidak terlalu seret tapi juga jgn sampai oblak. Sambil dites diputer2 as nya.
Utk hub depan ada tambahan pakai kunci 14. 
Rakit ulang,kemudia pasang utk dilihat bagaimana hasilnya.

Utk hub pelor setidaknya perlu ganti setahun sekali peloran/ ball bearingnya bila sepeda sering dipakai dalam kondisi yg ga karu2an. Karena pelor bisa memiliki flat spot/ bagian yg rata setelah pemakaian beberapa lama yg tidak bisa dilihat oleh mata. Yang menyebabkan nggrenjel/ ora smooth, dan bisa merusak cone dan rumah hubnya. Ingin hub kita awet bukan?
Pelor juga mesti milah2 kekerasannya. Pelor yg terlalu keras(pada dasarnya pelor memang keras bila kita coba menggigit dgn gigi) bisa merusak cup dan kones pada hub pada  beberapa kondisi beban yg sangat berat. Pelor bisa diganti, cup dan kones tidak. Untuk itu baca dgn teliti peloran maupun bearing anda.

Idenya adalah, bearing yg kuat dan tahan lama belum tentu bearing terbaik untuk aplikasi bersepeda. Pakai saja pelor yg tersedia di pasaran dgn harga menarik dan cukup aman utk sepeda. Atau bila ragu kontak saja perusahaan pembuat hub yg dipakai.
Namun bila anda tertantang & tertarik utk mencari loncer maksimal seperti saya, ya monggo2 saja mau coba yg lain.
Saya sendiri sedang mencari pelor jenis chromium seperti yg direkomendasikan seorang rekan di kaskus. Semoga segera dapat buat dicoba.

Berikut video hub dgn pelor bawaan dan setelah diganti dgn carbon steel. Kondisi rutin servis dan pelor bawaan baru sehari sebelumnya digrease ulang.

Saya terbuka utk saran, kritik dan pertanyaan :)




29 komentar

Write komentar
Anonymous
AUTHOR
15 September 2015 at 03:23 delete

enaknya pakai pelor itu bisa di servis ya ...
pakai yang sealed yang harganya lumayan ga jaminan ... #JadiCurhat
dipakai jarang2 dan ga ekstrem2 ... ternyata oblak ... dan mesti ganti ... . hikss

Reply
avatar
Arek Malang
AUTHOR
15 September 2015 at 15:37 delete

pelor mesti rutin servis om,
kalau sealed agak longgar waktunya utk servis berkala
tetep dua2nya perlu servis atau cek sesekali
enaknya sealed kan loncernya sudah setel langsung begitu diganti atau dipasang
kalo pelor mesti nyetel/nyari buat loncernya

Reply
avatar
cahyADI
AUTHOR
30 December 2016 at 18:08 delete

om...saya ada rencana pake wheelset shimano MT55..bagus gak yah

nuhun

Reply
avatar
cahyADI
AUTHOR
30 December 2016 at 18:11 delete

om...saya ada rencana pake wheelset shimano MT55..bagus gak yah

nuhun

Reply
avatar
Arek Malang
AUTHOR
5 January 2017 at 08:03 delete

bagus kok, tergantung dipakai apa dulu om? downhill atau xc?

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
23 May 2017 at 10:33 delete

Cara bongkar tempat sprocket tu gmn om

Reply
avatar
Arek Malang
AUTHOR
26 May 2017 at 08:41 delete

pakai kunci sproket mas

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
27 August 2017 at 23:40 delete

Mas, numpang tanya.. Saya juga pake hub freehub shimano deore persis punya sampean, itu kalo mau ganti pelor K&H yg jepang beli dimana, terus ukuran berapa mm pelornya. Matursuwun

Reply
avatar
Arek Malang
AUTHOR
28 August 2017 at 18:29 delete

1/4 inch sama 2/16 inch

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
5 September 2017 at 11:33 delete

Maaf. Menurut foto di atas pelor yg dipake ukuran ¼ dan 3/16

Reply
avatar
Arek Malang
AUTHOR
5 September 2017 at 18:15 delete

ah iya mas, 3/16
terima kasih koreksinya

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
3 November 2017 at 08:41 delete

Om...kasih video cara ngelepas body freehub dong...please...
Tru kalo mau ganti pelor freehub belakang pakai yg ¼ ato 3/16 ??terimakasihh

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
3 November 2017 at 08:42 delete

Om...kasih video cara ngelepas body freehub dong...please...
Tru kalo mau ganti pelor freehub belakang pakai yg ¼ ato 3/16 ??terimakasihh

Reply
avatar
Arek Malang
AUTHOR
3 November 2017 at 19:24 delete

freehub apa dulu nih om? ga semua freehub bisa dilepas bodynya
1/4 om

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
26 July 2018 at 12:22 delete

untuk hub dan freehub shimano tipe lain (SLX, XT dan XTR apa memakai ukuran pelor ¼ dan 3/16? terima kasih

Reply
avatar
Jayan
AUTHOR
3 August 2018 at 08:25 delete

Tanya om, sy pake freehub simano balap via malaysia itu masih pelor apa bearing. Klo masih pelor bs gk ganti bearing. Trs klo ganti bearing ukuran berapa..?

Reply
avatar
Arek Malang
AUTHOR
7 August 2018 at 18:55 delete

setahu saya shimano semua pakai pelor , solusi kalau ingin bearing ya ganti freehub bearing. Hub pelor tidak bisa dipasang bearing

Reply
avatar
Arek Malang
AUTHOR
7 August 2018 at 19:00 delete

iya,tapi kalau tipe yg terbaru saya kurang tahu, coba dibongkar dulu saja om

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
6 October 2018 at 05:54 delete

Salam kenal om.. saya barusan ganti pelor hub belakang SLX pake pelor daio yang sama kayak di artikel, tapi kenapa dibanding pelor bawaan masih loncer pelor bawaan ya? kondisi pelor bawaan shimano SLX sudah >4 tahun, warnanya sudah kecoklatan dan beberapa sudah gak kinclong. Metode perbandingan sudah sama (pelor bawaan sebelumnya dibersihkan dan pake grease yang sama dengan pelor baru daio dan dibandingkan lama waktu putarannya pake stopwatch). sedikit perbedaan ada di jumlah grease yang dipake, pelor yang baru/ daio greasenya lebih banyak, mendekati full di cup nya. Masalah lain, suara ratchet/ klik setelah ganti pelor malah hilang dan yang pasti tidak seloncer pelor bawaan (paling loncer waktu masih pake pelor bawaan dan grease bawaan/ belum servis, trus servis ganti grease dengan pelor bawaan masih cukup loncer, dan paling lambat/ seret ganti pelor daio dan ganti grease). grease yang dipake rotary MP kuning.. soalnya cari yang murmer dengan nlgi 1 ato 2 belum dapat

Reply
avatar
Arek Malang
AUTHOR
6 October 2018 at 06:49 delete

Halo,..
Pelor Shimano SLX itu beda om dengan pelor dengan kelas dibawahnya. Daio ini pelor alternatif untuk kelas murah saja. Coba cari pelor chromium atau pelor yang lebih baik untuk kelas SLX. Itupun masih 'trial and error' untuk mencari mana yg cocok.
Untuk grease saya tidak pakai terlalu banyak.
Semoga membantu

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
18 October 2018 at 19:33 delete

Kl shimano FH-TX505 sama nga ya ukuran gotri nx..trims

Reply
avatar
Arek Malang
AUTHOR
21 October 2018 at 20:33 delete

sama kayanya mas, hehehe tapi saran saya sih bongkar saja dulu ..

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
17 January 2019 at 18:52 delete

sugeng enjing sam. saya juga malang, kebetulan baru hobi bersepeda. punya keinginan ganti hub, kebetulan sepeda saya thrill vanquish. kira2 hub yang cocok apa ya? kalo browsing2 ada yang bilang novatech serie 7. kira2 bisa kasih saran ke saya sam?

Reply
avatar
Arek Malang
AUTHOR
17 January 2019 at 23:00 delete

inggih sam. Hub yang cocok sesuai peruntukan sam, dan tentunya sampai mana dananya, hehehe. Kalau dana mepet, sepeda cuma buat puter2 kota, kampung dan sedikit 'tegalan'orang, menurut saya bisa pakai shimano series spt deore dan SLX, kuat dan harga bersahabat. Cuma mungkin beberapa orang kepingin yang ada suara jangkriknya, ya gpp beli yang sealed bearing spt novatech.
Itu juga melihat peruntukkannya, tapi sekalilagi boleh -boleh saja bahkan pakai hub seperti HOPE buat sepeda rekreasi, meski menurut saya akan mubazir. Novatech yang kelas atas tidak akan terasa kemampuan sesungguhnya kalau cuma dipakai sepeda 'recreational', ini sama seperti anda akan mengerti enaknya sepeda jenis DH dipakai utk DH, karena kalau sepeda DH dipakai recreational dgn banyak nanjak jelas sia2 dan bikin 'kliyeng' meskipun mahal. semoga membantu

Reply
avatar
30 January 2019 at 17:36 delete

Om bagaimana mengatasi hub selalu oblak ketika habis di pakai menanjak..padahal as,pelor,sm baut nya br di ganti

Reply
avatar
Arek Malang
AUTHOR
31 January 2019 at 05:20 delete

waduh, buruan dibawa ke bengkel sepeda yang rada ahli om. Perkiraan saya, setelannya kurang asoy dan kurang mengerti cara setel hub. Bila bener cara setelnya , tidak akan oblak om.

Reply
avatar
Fathi Syahid
AUTHOR
26 August 2019 at 02:30 delete

Waduh.. Pemula banget ane.. Kagak ngarti om... Kalo mau service begituan.. Bilang ke abang2 bengkel nya gmne yeh? Wkkww

Reply
avatar
19 November 2019 at 17:01 delete

nyuwun tanglet om... apakah tanda tanda freehub pelor kita waktunya diganti atau ada masalah ? terus cones sama tutupnya itu setiap type beda ya ukurannya ? apakah ada yang jual kalo sewaktu misal rusak karena gak pernah kita chek ? maturnuwun atas jawabannya

Reply
avatar
budi
AUTHOR
25 October 2021 at 02:43 delete

referensi merk grease untuk freehub om???

Reply
avatar