Merawat Freehub Shimano Deore
Deretan freehub pelor/ ball bearing keluaran shimano bila dirawat dengan baik dan benar akan sangat smooth , tidak kalah dengan yg sudah sealed bearing. Itu yg saya dapatkan dari bincang2 dgn beberapa rekan dan membaca forum2 sepeda luar. Banyak cyclist luar yg masih fanatik dengan hub peloran seperti dura-ace HB, XTR dan beberapa keluaran Campaqnolo.Saya sendiri bukan tidak tertarik dgn hub yg sudah sealed bearing namun pada akhirnya setelah browsing dan baca sana sini saya malah tertarik mengorek lebih dalam hub pelor. Kebutuhan dasar saya akan sebuah freehub dan hub utamanya adalah loncernya, bukan suaranya. Suaranya keras tapi tidak bisa lari atau gampang oblak ya percum tak bergun. Pengalaman dari seorang rekan dgn hub freehub bearing kelas bawah adalah bearingnya dipakai sebentar sudah oblak, seret dan menggerus hubnya. Ya ada harga ada rupalah.
Mempunyai hub loncer yg sudah dari pabriknya memang menyenangkan, tapi membuat hub kita sendiri dari yg biasa2 hingga bisa loncer maksimal tentu akan lebih menyenangkan, hehe.
Dari sini tentu perlu menelaah lebih dulu kekuatan bawaan hub kita utk dimaksimalkan. Shimano Deore M595 dalam kasus saya ini mempunyai body baja termasuk rumah casette/sproketnya , cocok dan mumpuni utk yg suka sepedanya sesekali dibawa loncat2. Freehub sealed bearing kelas menengah atas lebih enteng karena sudah banyak yg berbahan alloy seperti rumah casettenya, berhati2lah karena cukup empuk utk tergerus jika empunya doyan terbang sana sini. Silahkan cek hub freehub anda sesekali bila termasuk yg ini pada bagian tsb.
Freehub dan hub shimano sendiri ada anjuran utk rutin menservisnya setidaknya setelah setengah tahun pemakaian. Grease kemudian setting ulang. Kebetulan kemarin saya baru dapat pelor jepang keluaran Daio berbahan carbon steel. Sekalian servis rutin si deore dan ganti pelorannya karena saya agak sangsi dgn hub tersebut yg bikinan malaysia, jgn2 pelorannya ala malaysia pula, hehehe walau belom pernah ada komplain sih. Coba bagaimana kira2 bila diberi pelor dari negeri pabrikannya.
Peralatan standar yg dibutuhkan utk perawatan hub. Obeng, grease, dan kunci pas.
Steel ball/ ball bearing aka pelor utk perawatan kali ini.
Peralatan tambahan utk melepas sproket dan rotor. Atau bisa tolong bengkel terdekat buat mencopotnya, hehe.
Buka dengan seksama, pakai kunci 15 setelah sebelumnya dikendori baut penguncinya ukuran 17. Karena tangan satunya pegang kamera maka bingung ini nunjukin pas mencopot baut 17.
Tarik AS nya, kemudian keluarkan pelorannya dgn obeng yg mengandung magnet ujungnya agar lebih gampang. Pakai digedruk atau tangan biasa jg boleh , hehe. Biar ga kececeran siapkan wadah atau lapisi dgn koran.
Bersihkan dulu bekas grease yg lama dan lain2nya biar kinclong. Baru grease ulang dgn grease yg bermutu, mau pake yg murah boleh tapi inga inga buat sepeda kok coba2.
Setelah diolesi, pasang peloran baru atau yg lama kalau masih mau dipakai lagi. Ditata yg rapi, hitungannya ganjil utk deore. Depan 11, belakang 9 persisi.
Pasang as, dikunci dan disetting tidak terlalu seret tapi juga jgn sampai oblak. Sambil dites diputer2 as nya.
Utk hub depan ada tambahan pakai kunci 14.
Rakit ulang,kemudia pasang utk dilihat bagaimana hasilnya.
Utk hub pelor setidaknya perlu ganti setahun sekali peloran/ ball bearingnya bila sepeda sering dipakai dalam kondisi yg ga karu2an. Karena pelor bisa memiliki flat spot/ bagian yg rata setelah pemakaian beberapa lama yg tidak bisa dilihat oleh mata. Yang menyebabkan nggrenjel/ ora smooth, dan bisa merusak cone dan rumah hubnya. Ingin hub kita awet bukan?
Pelor juga mesti milah2 kekerasannya. Pelor yg terlalu keras(pada dasarnya pelor memang keras bila kita coba menggigit dgn gigi) bisa merusak cup dan kones pada hub pada beberapa kondisi beban yg sangat berat. Pelor bisa diganti, cup dan kones tidak. Untuk itu baca dgn teliti peloran maupun bearing anda.
Idenya adalah, bearing yg kuat dan tahan lama belum tentu bearing terbaik untuk aplikasi bersepeda. Pakai saja pelor yg tersedia di pasaran dgn harga menarik dan cukup aman utk sepeda. Atau bila ragu kontak saja perusahaan pembuat hub yg dipakai.
Namun bila anda tertantang & tertarik utk mencari loncer maksimal seperti saya, ya monggo2 saja mau coba yg lain.
Saya sendiri sedang mencari pelor jenis chromium seperti yg direkomendasikan seorang rekan di kaskus. Semoga segera dapat buat dicoba.
Berikut video hub dgn pelor bawaan dan setelah diganti dgn carbon steel. Kondisi rutin servis dan pelor bawaan baru sehari sebelumnya digrease ulang.
Saya terbuka utk saran, kritik dan pertanyaan :)
29 komentar
Write komentarenaknya pakai pelor itu bisa di servis ya ...
Replypakai yang sealed yang harganya lumayan ga jaminan ... #JadiCurhat
dipakai jarang2 dan ga ekstrem2 ... ternyata oblak ... dan mesti ganti ... . hikss
pelor mesti rutin servis om,
Replykalau sealed agak longgar waktunya utk servis berkala
tetep dua2nya perlu servis atau cek sesekali
enaknya sealed kan loncernya sudah setel langsung begitu diganti atau dipasang
kalo pelor mesti nyetel/nyari buat loncernya
om...saya ada rencana pake wheelset shimano MT55..bagus gak yah
Replynuhun
om...saya ada rencana pake wheelset shimano MT55..bagus gak yah
Replynuhun
bagus kok, tergantung dipakai apa dulu om? downhill atau xc?
ReplyCara bongkar tempat sprocket tu gmn om
Replypakai kunci sproket mas
ReplyMas, numpang tanya.. Saya juga pake hub freehub shimano deore persis punya sampean, itu kalo mau ganti pelor K&H yg jepang beli dimana, terus ukuran berapa mm pelornya. Matursuwun
Reply1/4 inch sama 2/16 inch
ReplyMaaf. Menurut foto di atas pelor yg dipake ukuran ¼ dan 3/16
Replyah iya mas, 3/16
Replyterima kasih koreksinya
Om...kasih video cara ngelepas body freehub dong...please...
ReplyTru kalo mau ganti pelor freehub belakang pakai yg ¼ ato 3/16 ??terimakasihh
Om...kasih video cara ngelepas body freehub dong...please...
ReplyTru kalo mau ganti pelor freehub belakang pakai yg ¼ ato 3/16 ??terimakasihh
freehub apa dulu nih om? ga semua freehub bisa dilepas bodynya
Reply1/4 om
untuk hub dan freehub shimano tipe lain (SLX, XT dan XTR apa memakai ukuran pelor ¼ dan 3/16? terima kasih
ReplyTanya om, sy pake freehub simano balap via malaysia itu masih pelor apa bearing. Klo masih pelor bs gk ganti bearing. Trs klo ganti bearing ukuran berapa..?
Replysetahu saya shimano semua pakai pelor , solusi kalau ingin bearing ya ganti freehub bearing. Hub pelor tidak bisa dipasang bearing
Replyiya,tapi kalau tipe yg terbaru saya kurang tahu, coba dibongkar dulu saja om
ReplySalam kenal om.. saya barusan ganti pelor hub belakang SLX pake pelor daio yang sama kayak di artikel, tapi kenapa dibanding pelor bawaan masih loncer pelor bawaan ya? kondisi pelor bawaan shimano SLX sudah >4 tahun, warnanya sudah kecoklatan dan beberapa sudah gak kinclong. Metode perbandingan sudah sama (pelor bawaan sebelumnya dibersihkan dan pake grease yang sama dengan pelor baru daio dan dibandingkan lama waktu putarannya pake stopwatch). sedikit perbedaan ada di jumlah grease yang dipake, pelor yang baru/ daio greasenya lebih banyak, mendekati full di cup nya. Masalah lain, suara ratchet/ klik setelah ganti pelor malah hilang dan yang pasti tidak seloncer pelor bawaan (paling loncer waktu masih pake pelor bawaan dan grease bawaan/ belum servis, trus servis ganti grease dengan pelor bawaan masih cukup loncer, dan paling lambat/ seret ganti pelor daio dan ganti grease). grease yang dipake rotary MP kuning.. soalnya cari yang murmer dengan nlgi 1 ato 2 belum dapat
ReplyHalo,..
ReplyPelor Shimano SLX itu beda om dengan pelor dengan kelas dibawahnya. Daio ini pelor alternatif untuk kelas murah saja. Coba cari pelor chromium atau pelor yang lebih baik untuk kelas SLX. Itupun masih 'trial and error' untuk mencari mana yg cocok.
Untuk grease saya tidak pakai terlalu banyak.
Semoga membantu
Kl shimano FH-TX505 sama nga ya ukuran gotri nx..trims
Replysama kayanya mas, hehehe tapi saran saya sih bongkar saja dulu ..
Replysugeng enjing sam. saya juga malang, kebetulan baru hobi bersepeda. punya keinginan ganti hub, kebetulan sepeda saya thrill vanquish. kira2 hub yang cocok apa ya? kalo browsing2 ada yang bilang novatech serie 7. kira2 bisa kasih saran ke saya sam?
Replyinggih sam. Hub yang cocok sesuai peruntukan sam, dan tentunya sampai mana dananya, hehehe. Kalau dana mepet, sepeda cuma buat puter2 kota, kampung dan sedikit 'tegalan'orang, menurut saya bisa pakai shimano series spt deore dan SLX, kuat dan harga bersahabat. Cuma mungkin beberapa orang kepingin yang ada suara jangkriknya, ya gpp beli yang sealed bearing spt novatech.
ReplyItu juga melihat peruntukkannya, tapi sekalilagi boleh -boleh saja bahkan pakai hub seperti HOPE buat sepeda rekreasi, meski menurut saya akan mubazir. Novatech yang kelas atas tidak akan terasa kemampuan sesungguhnya kalau cuma dipakai sepeda 'recreational', ini sama seperti anda akan mengerti enaknya sepeda jenis DH dipakai utk DH, karena kalau sepeda DH dipakai recreational dgn banyak nanjak jelas sia2 dan bikin 'kliyeng' meskipun mahal. semoga membantu
Om bagaimana mengatasi hub selalu oblak ketika habis di pakai menanjak..padahal as,pelor,sm baut nya br di ganti
Replywaduh, buruan dibawa ke bengkel sepeda yang rada ahli om. Perkiraan saya, setelannya kurang asoy dan kurang mengerti cara setel hub. Bila bener cara setelnya , tidak akan oblak om.
ReplyWaduh.. Pemula banget ane.. Kagak ngarti om... Kalo mau service begituan.. Bilang ke abang2 bengkel nya gmne yeh? Wkkww
Replynyuwun tanglet om... apakah tanda tanda freehub pelor kita waktunya diganti atau ada masalah ? terus cones sama tutupnya itu setiap type beda ya ukurannya ? apakah ada yang jual kalo sewaktu misal rusak karena gak pernah kita chek ? maturnuwun atas jawabannya
Replyreferensi merk grease untuk freehub om???
Reply